Rindu Masa Kecil



Zaman semakin maju, perkembangan teknologi dari tahun ke tahun pun mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat. Tak sedikit pun orang baik itu dewasa maupun anak kecil memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Semua untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya saja kemajuan teknologi dari alat komunikasi yaitu handphone (HP).  Kini barang tersebut sudah menjadi kebutuhan penting bak mengalahkan kebutuhan pokok.  

Namun kontras sekali saat itu di tahun 90an, dimana tahun tersebut masih saya temui wartel atau pun telepon umum dan jarang orang yang memiliki telepon genggam. Menurut saya, dulu telepon genggam barang yang sangat mahal.  Apabila akan menelepon saudara jauh harus rela antri pergi ke bilik wartel (warung telepon).  Biaya pun otomatis tidaklah murah beberapa menit saja angka rupiahnya sudah cepat bertambah. Kayak stopwatch tiap detik yang cepat berlalu, bicarapun harus singkat, padat dan jelas.

Satu hal yang masih ingat dimemori, masa-masa kecil yang saya rindukan yaitu masa ketika dapat bermain permainan tradisional, yang saat ini jarang ditemui. Mungkin teman-teman pasti juga rindu dengan permainan-permainan masa lalu..eh masa kecil maksud saya. Bukan permainan cinta ya. Gobrak sodor, boy-boyan, lompat tali, layang-layang, kelereng, petak umpet, bekel, dakon dan masih banyak lainnya.  

Anak zaman dulu berbeda dengan anak zaman sekarang. Dulu pun di lingkungan tempat tinggal saya jarang sekali yang memiliki televisi, tak semarak sekarang ini. Biasanya saya selepas  pulang sekolah, sore harinya sudah berkumpul dengan teman-teman menghabiskan waktu bermain. Terkadang sampai lupa waktu, karena keasyikan bermain. 

Tetapi, sekarang ini sangat sulit saya temukan anak-anak yang melakukan permainan tradisional yang dulu pernah saya rasakan. Padahal, permainan tersebut sangatlah membantu perkembangan anak, salah satunya melatih anak untuk bersosialisasi. Saya lihat, tak jarang anak kini yang lebih memillih memandang layar HP sekadar ngegame, nonton televisi berjam-jam daripada bermain permainan tradisional. Ya semua itu tergeser dengan permainan yang lebih modern saat ini.

Walaupun dunia teknologi semakin canggih, peradaban dunia yang jauh lebih maju meninggalkan peradaban lama nan penuh kenangan. Bagaikan kisah masa lalu yang dilupakan dan tak ingin kembali lagi. Eh tapi jangan ditinggalkan ataupun dicampakkan  kalau kenangan masa kecil dengan permainan yang super kece itu, karena tetap menjadi moment yang tak kalah dibandingkan sekarang.

#ODOP

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegagalan

MENUNGGU CINTA DATANG DI WAKTU YANG TEPAT

Rindu Suasana Kerja Yang Dulu