Buku, Sumber Ilmu



Tantangan minggu ke-3 ODOP Batch 2 dengan tema "Buku Terbaik yang Pernah Anda Baca". Jika memilih buku mana yang lebih saya sukai atau pun yang terbaik saya baca, tak dapat menentukan. Karena pada intinya semua buku itu baik, mengandung ilmu dan pelajaran. Baik itu jenis buku fiksi maupun nonfiksi. Buku merupakan sumber ilmu kita dapat mengetahui hal-hal baru baik itu sebuah informasi, pengetahuan, pedoman, motivasi dan berbagai hal lainnya. Banyaknya penulis yang melahirkan buku baik itu yang best teller maupun yang menjadi favorit, saya apresiasi sekali bahwa tanpa mereka kita tak tahu apa-apa. Dengan membaca buku, kita juga akan tahu sejarah.  Kita akan tahu dunia.


Buku terbaik menurut versi saya yang pernah membuat ingin membacanya lagi dan lagi. Saya posisikan Kitab Al-Qur’an sebagai yang pertama. Tak dapat dipungkiri Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat Islam di muka bumi ini. Bekal hidup baik dunia dan akhirat. Kita hidup sekali di dunia, semua yang terjadi di bumi ini telah tersirat dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Kita bisa konsisten untuk menulis, semoga saja kita juga bisa konsisten untuk membaca Al-Qur’an, kendatipun hanya sedikit. Riwayat mengatakan bahwa tanda-tanda akhir zaman yaitu lenyapnya kitab Al-Qur’an. Tak dapat membayangkan jika itu terjadi. Al-Qur’an akan diangkat dari seluruh mushaf dan tak ada ayat pun yang tertinggal. Semoga kita terus dapat mengamalkan untuk konsisten membaca Al-Qur’an.


     Sedangkan gambar di atas merupakan The Magic of Thinking Big menjadi buku yang masih tertarik tetap saya baca. Karya David J. Schwartz, Ph. D tersebut saya dapatkan dari perjuangan mengikuti kuis Kick Andy. Mencoba peruntungan, beberapa kali ikut kuis di twitter gagal terus. Namun saya tak berhenti di twitter saja, saya pun pindah tempat mengikuti di web Kick Andy. Barangkali ada nama saya nyangkut di 50 buku gratis  dan akan diundi diminggu berikutnya. Setiap minggu, beda judul buku tapi saya tak ingin menyerah untuk mendapatkan buku gratis dari Kick Andy. Berbulan-bulan saya mengikuti kuis, akhirnya nama saya tercantum di daftar pemenang dari 50 peserta mendapatkan buku The Magic of Thinking Big. Sekitar satu bulan bukunya baru saya pegang, karena persediaan buku dan pengiriman yang terlalu lama. Pikir saya bukunya tertulis dengan bahasa Inggris, ternyata setelah saya buka isinya keren dan inspiratif.


“Berpikirlah Besar dan hidup Anda akan luar biasa.

Anda akan meraih kebahagiaan, pendapat, dan teman-teman yang luar biasa.

Tuailah juga rasa hormat sesama. Berpikir besar itu dahsyat!”

­-David Schwartz-


Kutipan di atas menjadi salah satu dahsyatnya jika kita ingin berpikir besar, cara untuk merengkuh kesuksesan dan kebahagiaan. Setiap orang pasti mendambakan kesuksesan. Seseorang pasti merindukan hal-hal yang baik dalam hidupnya. Kunci dari kesuksesan ada pada keyakinan. Pengaruhnya sangat luar biasa, keyakinan merupakan semangat untuk memberi energi pada diri sendiri demi mewujukan pikiran-pikiran besar yang dicita-citakan. Jika yang dipikirkan adalah keraguan, ketidakyakinan, maka akan gagal. Sebaliknya jika yang dipikirkan adalah kemenangan, maka akan sukses sesuai dengan keinginan dan mimpi. 


Di buku ini memberikan gambaran untuk bertindak positif, dan sejauh mungkin menghindari hal-hal negatif yang dapat menghalangi kesuksesan dan kepercayaan pada diri sendiri. Diibaratkan, pikiran kita sebagai pabrik yang sibuk memproduksikan berbagai hal ide dalam sehari. Di bawah pengawasan produk Kemenganan dan Produk Kekalahan. Produk Kemenangan bertugas menimbulkan pikiran-pikiran positif. Ia akan memberikan  dan membuat beragam alasan mengapa mampu, dapat melakukan sesuatu hal dan sukses. Sedangkan produk kekalahan, membangun pikiran-pikiran negatif  yang merendahkan diri sendiri membuat alasan-alasan tidak mampu, lemah dan tidak berkualitas dan gagal.


Banyak hal yang saya dapat dari buku ini, jadi saya tak bosan membacanya lagi. Karena dapat mengingatkan saya akan hal-hal yang positif. Dimana aura positif akan mengubah menjadi hal yang baik. 

#OneDayOnePost
#TantanganBulanPertama
#HariKe-14


Komentar

  1. Waaah jadi pengen baca buku itu mba Mudah...
    keren, kita harus berfikir besar dan positif... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...sini saja ke Pacitan mbk...ntar tak pinjemin :p

      Hapus
  2. Pengen baca bukunya...
    Wah,perjuangan banget ya ndapetin bukunya.ga brani pinjem aku..takut domarahin kalo ilang.xixi

    BalasHapus
  3. pengin baca bukunya
    pernah sekali ikut kuis buku gratis kick andy show..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegagalan

MENUNGGU CINTA DATANG DI WAKTU YANG TEPAT

Rindu Suasana Kerja Yang Dulu